Konsep pendidikan karakter di sekolah ini harus berbarengan dengan konsep sekolah ramah anak.
Karena kedua konsep ini merupakan 2 hal yang saling membutuhkan. Ibaratnya pendidikan karakter adalah Visi maka konsep sekolah ramah anak adalah Misinya.
Maka dari itu, pendidikan karakter ini sangat membutuhkan konsep sekolah ramah anak karena dengan metode percontohan dan metode memperbaiki tanpa menyakiti (ramah anak). Ini sangat efektif menekan karakter siswa yang memang menyimpang dari norma.
Keberhasilan dalam pemulihan maupun penguatan terletak pada tri pusat pendidikan. Yakni sekolah, keluarga dan masyarakat. Ketiganya harus saling mendukung.
Offer Muchlas Samani berpendapat karakter dapat di maknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang.
Terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta di wujudkan dalam sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. *