Ketua UMKM SUTRA, Yulia, menyampaikan apresiasinya atas pelatihan yang diberikan oleh Pertamina.
Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu para pelaku UMKM dalam memahami strategi pemasaran digital dan meningkatkan daya saing produk mereka.
“Ada kesenjangan antara UMKM dan perusahaan besar dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran. Padahal, dengan strategi digital marketing yang tepat, UMKM berpotensi meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Melalui pelatihan dari Pertamina, kami merasa terbantu untuk menepis hambatan ini dan lebih siap bersaing dengan produk-produk dari usaha skala besar,” ujarnya.
Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menegaskan keahlian perusahaan di bidang manajemen risiko dan pengelolaan aset dapat dibagikan dan diterapkan untuk membantu UMKM membangun merek yang kuat dan mengelola bisnis secara efektif, sehingga mampu bersaing secara global dan menghasilkan profit yang signifikan.