Beritaoku satuOpini

Kota Strategis yang Diperebutkan dan Pernyataan Sikap NU

×

Kota Strategis yang Diperebutkan dan Pernyataan Sikap NU

Sebarkan artikel ini

Kota Strategis yang Diperebutkan dan Pernyataan Sikap NU

Oleh Ust. Yasin

Jalur Gaza lagi-lagi menjadi medan tempur dalam polemik berkepanjangan antara Palestina dan Israel, termasuk yang terjadi baru-baru ini.

Sejarah mencatat, Jalur Gaza merupakan kawasan yang selalu diperebutkan oleh Palestina maupun Israel. Kenapa demikian?

Serangan mendadak kelompok Palestina, Hamas, terhadap Israel pada Sabtu (7/10/2023) diluncurkan dari salah satu wilayah terpadat dan termiskin di dunia: Jalur Gaza.

Sepanjang sejarah, wilayah tersebut telah dilanda serangkaian konflik bersenjata, termasuk beberapa perang yang menentukan dinamika hubungan Israel-Palestina.

Selama beberapa dekade, ketegangan antara Israel dan Hamas–yang menguasai Gaza sejak 2007–kerap terjadi. Namun serangan kelompok Palestina pada 7 Oktober 2023 mengejutkan semua orang.

Hamas menembakkan ribuan roket ke Israel selagi puluhan anggota milisi melintasi perbatasan dan menyerbu komunitas Israel sehingga menewaskan ratusan orang dan menawan lainnya.

Israel membalasnya dengan gempuran besar-besaran di Gaza.

Serangan kelompok milisi pada 7 Oktober digambarkan sebagai serangan lintas batas paling serius yang pernah dihadapi Israel selama lebih dari satu generasi serta operasi paling ambisius yang dilancarkan Hamas dari Gaza.

Dapatkan berita terupdate OKU SATU di Google News