BeritaNasional

Pembangunan Tol Bawah Laut IKN Molor, Tahun 2025 Baru Dimulai

×

Pembangunan Tol Bawah Laut IKN Molor, Tahun 2025 Baru Dimulai

Sebarkan artikel ini

Pembangunan Tol Bawah Laut IKN Molor, Tahun 2025 Baru Dimulai

Balikpapan – Rencana pembangunan tol bawah laut di Ibu Kota Nusantara (IKN) tampaknya bakal molor hingga 2025 mendatang. Pasalnya ada beberapa pertimbangan, sehingga pembangunannya melenceng dari rencana awal.

Salah satunya terkait musim politik pada 2024. Di mana masyarakat akan menentukan siapa calon kepala negara, calon wakilnya di legislatif hingga penentuan calon Gubernur, Walikota dan Bupati.

Selain itu juga, pertimbangan mengenai teknis pengerjaan, juga tidak bisa sembarangan. Terlebih, tol bawah laut yang menjadi mega proyek, adalah hal baru di dunia infrastruktur Indonesia.

BACA JUGA Colong Motor di Lampung, Pulang Kampung Buat Jual Motor Curian, Tapi Keburu Terjaring Razia Di OKU Timur, Katanya Buat Judi Slot

“Pembangunan tol bawah laut setelah tahun 2024, ” ujar Direktur Jendral Bina Marga Kementrian PUPR Hedy Rahadian.

Nah untuk persiapan lebih matang, mulai 2023 dan 2024, Kementrian PUPR menyusun desain teknis terinci atau DED untuk terowongan tersebut.

Pembuatan DED ini melibatkan konsultan internasional.

Terowongan bawah laut IKN di desain sepanjang 1,5 KM termasuk dalam tol IKN segmen 4A simpang Tempadung-outer Ring Road IKN dengan total panjang 18,2 KM.

Dapatkan berita terupdate OKU SATU di Google News