“tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
3. Tiga Aspek Sistem pendidikan
Sistem pendidikan ala Hadratussyekh berlandaskan Al-Qur’an yang diwujudkan dalam sebuah sistem pendidikan yang meliputi tiga aspek pendidikan yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Beberapa nilai yang diterapkan dalam pengelolaan sistem pendidikan beliau diantaranya: nilai teosentris, nilai sukarela dan mengabdi, nilai kearifan, nilai kesederhanaan, nilai kebersamaan, restu pemimpin (kyai/guru), (Rohina M. Noor dalam Pilo N, 2019:209).
Ketiga aspek dan nilai pendidikan yang diterapkan Hadratussyekh ini menurut penulis merupakan sistem pendidikan yang sangat komprehensif dan tepat dipraktekkan dalam sistem pendidikan di Indonesia untuk menjadikan SDM yang cerdas, terampil, berkarakter, berdaya saing global namun berbasis kearifan lokal.